Suka Duka Seorang Programmer [Curhat]


Sekali-kali curhat ahh... :)
Mau curhat tentang suka dukaku selama menjadi programmer dulu ya. Heheh...
Hmm, programmer? Pasti yang anda pikirkan adalah seseorang yang biasanya make kacamata, kutu buku, terus mainannya adalah code-code/script program.
Biasanya seorang programmer kalau sudah di depan komputer tuh lupa segalanya. Makan, PR, pacar, tugas, mandi, waktu dan lain-lain. (Itu pengalamanku sendiri.. Hehehe..) Bahkan seorang programmer kadang sampai dilarang untuk menyentuh komputer karena hal di atas. (Pengalamanku lagi :p) Kadang kalau liburan pun ia rela untuk tidur pagi, DEMI MENCARI SEBUAH BUG DARI PROGRAMNYA.
Menjadi seorang programmer, bagi saya adalah suatu pembelajaran? Lho? Mengapa pembelajaran? Karena seorang programmer di tuntut ketelitian dan kecermatan dalam ia meng-koding programnya. Walaupun begitu, seorang programmer tidak selalu langsung berhasil dalam membuat programnya. Kadang masih terdapat sebuah bug kecil di programnya, yang rasanya (mungkin sangat) mengganjal di hatinya.
Bagi saya, keberhasilan dalam memecahkan sebuah bug (entah itu kecil ataupun besar) membuat perasaan menjadi sangat lega. Mengapa seorang programmer mempunyai keinginan untuk menyelesaikan sebuah program sampai berhasil saat itu juga? Itu karena saat itu mereka masih "nyambung" logikanya. Bila terputus, kadang mereka juga menjadi lupa, dari mana algoritmanya.
Saat-saat bahagia seorang programmer adalah saat programnya berhasil, dan diterima oleh masyarakat dengan baik. Saat berhasil menemukan sebuah bug, juga kadang menjadi saat-saat bahagia bagi seorang programmer. Oh iya, satu lagi, saat program yang mereka buat di update dengan fasilitas-fasilitas baru atau dengan perbaikan-perbaikan bug.
Saat-saat duka seorang programmer, contohnya adalah saat bug di programnya tidak ditemukan, lalu (bila mereka adalah pelajar/mahasiswa) adalah saat-saat si programmer menghadapi ujian, yang secara otomatis tidak bisa "berpacaran" dengan kode-kode program.
Dan satu lagi, kadang user awam pun menganggap seorang programmer adalah orang yang hebat. Dalam hal ini, mungkin "orang yang hebat" adalah orang yang mengerti segalanya tentang dunia komputer. Padahal tidak seperti itu, mereka pun sama seperti manusia biasa, yang sedang berusaha mempelajari hal-hal yang mereka anggap menarik. Sedihnya, bila si programmer di mintakan tolong oleh user awam, dan pada kasus ini si programmer tidak dapat membantunya, kadang pun user awam berkata "Kamu kan programmer, harusnya ngerti dong kaya gini". Kata-kata itu yang terkadang membuat seorang programmer agak minder. Bukan begitu kawan-kawan?

Pada intinya: Seorang programmer itu hanyalah manusia biasa, yang sedang mempelajari hal yang menarik baginya. Sama seperti filatelis, ataupun penari, atau juga penyanyi. Merekapun belajar, untuk membuat pengetahuan mereka bertambah. Menjadi seorang programmer bukan tuntutan mereka, namun pilihan mereka. Seorang programmer pun mempunyai suka-dukanya tersendiri.

Oke, sampai disini dulu curhatku. Aku mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati pembaca.
CMIIW (Correct Me If I Wrong)

Akhir kata, selamat menjadi seorang programmer.
GBU :)

2 comments:

Akmaller said...

bosss
mau tau klo kegiatan programmer itu apa aja sih
n klo kk suka nya ngerja script apa..?
sori klo banyak tanya soalnya masih newbie

Teddy said...

Setuju sekali ama kamu bro hahaha..
kalo sudah di depan komputer pasti bakal lupa makan tidur dan sebagainya..

pengalaman kamu sama dengan pengalamanku semuanya haha...

suka nya sama jg seperti aku kalo berhasil nemuin bug yang menjengkelkan, bisa bisa loncat loncat dan bilang yesssss akhirnya! hueheue...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger