Perbaiki Flashdisk yang Rusak

Pernahkan anda mendapati flashdisk anda rusak secara tiba-tiba? Entah disengaja ataupun tidak? Hal itulah yang saya alami belum lama ini. Lalu saya berpikir, apakah Flashdisk tersebut bisa saya perbaiki? Ketika saya browsing di Internet, saya mencoba mencarinya. Ketemu! Tapi sayangnya benarnya cuma bisa sementara. Lalu suatu saat, saya pergi ke toko buku dan membaca-baca buku disana, salah satunya buku mengenai Flashdisk (Saya lupa judulnya apa dan pengarangnya siapa) Sekilas, saya melihat tentang cara memperbaiki flashdisk yg rusak.
Lalu bagaimana caranya? Akan saya jelaskan :)
Software yang kita butuhkan adalah EASUS Partition Manager, software tersebut dapat di download disini.
Install dahulu program itu, lalu tancapkan fd yang rusak.
Setelah program dijalankan, akan muncul pilihan sbb:

Pilihlah pilihan Go to main screen.
Maka muncullah tampilannya sbb:


Jika FD anda sudah dicolokkan, maka akan tampil sbb:

Dapat anda lihat di atas, bahwa Disk ! merupakan partisi-partisi Harddisk di komputer anda, dan Disk 2 adalah flashdisk anda.
Klik kanan pada fd anda, lalu pilih Check Partition
Muncullah seperti berikut:
Pilih OK hingga selesai (hal ini digunakan untuk memeriksa flashdisk)
Jika sudah, lalu klik kanan lagi pada flashdisk, pilih Delete Partition
Lalu pilih Apply pada Toolbar.
Setelah itu pilih Create Partition, tentukan Tipe File System yang akan dipakai, lalu tentukan label Flashdisknya. Lalu klik OK dan tunggu hingga selesai.
Dan taraaaa! FD anda dapat dipergunakan lagi *


* Perbaikan ini mempunyai beberapa syarat, syaratnya yang pertama adalah FD masih bisa tampil di Windows Explorer. Syarat ke dua adalah saat dilakukan pemeriksaan dengan EASUS, tidak ditemukan kerusakan pada FD, yang ketiga adalah, Faktor keberuntungan. Ada beberapa kasus, kedua syarat diatas sudah terpenuhi, tapi FD tetap tidak bisa diperbaiki. :(
Demikian sejumput ilmu dari saya, mohon maaf kalau ada salah kata.
Salam,


gaz_junior

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger